Berbagai Macam Bentuk Investing di Indonesia

 

 

Mengawali investing Indonesia dapat dimulai dari mengenal berbagai jenisnya. Mulai dari properti hingga saham dapat anda jadikan bisnis yang dapat membuat penghasilan anda berlipat ganda.

Properti

Jual beli properti merupakan salah satu jenis investing Indonesia yang paling banyak dikenal dan mudah untuk dijalankan. Bahkan, anda dapat memulainya dengan modal sangat sedikit dengan cara menjualkan properti milik orang lain terlebih dahulu sebagai langkah awal. Apabila anda memiliki modal yang lebih banyak, maka anda dapat memulai dengan membangun aset di kawasan yang strategis untuk dijadikan sumber perputaran uang anda. Properti yang anda miliki dapat dijual kembali atau disewakan. Keuntungan yang didapat dari penjualan akan lebih besar. Namun, penyewaan aset juga mendatangkan keuntungan dalam jangka panjang meski setiap periodenya tidak akan sebesar hasil dari penjualan.

Peer to Peer Landing

Investasi jenis ini adalah pinjaman yang diberikan oleh investor kepada pelaku usaha atau peminjam. Investing Indonesia di dalam peer to peer landing dapat mendatangkan keuntungan lebih banyak sebab bunganya lebih tinggi dibandingkan dengan bunga deposito bank. Investor juga dapat memilih sendiri risiko yang akan diambil; low risk, medium risk, atau high risk. Investasi jenis ini dapat dilakukan dengan skala kecil sehingga sangat cocok dijadikan untuk bahan belajar bagi investor pemula.

Logam Mulia

Investasi emas dan logam mulia nilainya relatif stabil dan merangkak naik dari tahun ke tahun. Investasi berupa logam mulia tidak membutuhkan modal terlalu banyak, hanya di kisaran ratusan ribu anda sudah dapat memiliki emas batangan seberat satu gram. Namun, harga ini tentatif dan dapat berubah sewaktu-waktu. Investasi berupa logam mulia juga merupakan jenis yang likuid atau mudah untuk diuangkan kembali.

Deposito Berjangka

Deposito berjangka juga terhitung sebagai investing Indonesia yang paling populer. Selain angkanya yang pasti, deposito juga merupakan investasi yang tergolong aman karena dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Namun, keuntungan yang didapatkan dari deposito berjangka relatif kecil bila dibandingkan dengan jenis investasi lain.

Saham

Investasi saham biasanya berupa kepemilikan sebuah perusahaan. Bila anda memiliki saham di sebuah perusahaan, maka anda berhak untuk mendapatkan bagian dari keuntungan yang diraih oleh perusahaan tersebut. Investasi jenis ini bersifat berisiko tinggi, namun juga dapat mendatangkan keuntungan yang tinggi. Dengan kata lain, investasi saham adalah high risk, high return sebab harga saham dapat naik dan turun sangat signifikan dalam waktu yang cepat.

Dari berbagai macam investing di Indonesia, anda dapat memilih sendiri mana yang cocok untuk dijalankan untuk menambah pundi-pundi anda yang dapat anda gunakan untuk berbagai keperluan mulai dari biaya pendidikan hingga tabungan di hari tua.